Warung Bebas

Jumat, 11 Maret 2011

Telkomsel Pacu Trafik Telepon (Voice)



Manajemen PT Telkomsel optimistis dengan potensi kenaikkan trafik telepon (voice) di ambang mulai mature-nya pasar seluler dengan menggelar strategi promo tarif nasional baru.

Aulia Ersyah Marinto, Deputy Vice President Corporate Secretary Telkomsel, mengatakan pertumbuhan layanan voice di Jawa maupun luar pulau Jawa termasuk di kawasan Indonesia Timur masih berpeluang besar menyumbang kontribusi pendapatan. “Pertumbuhan [voice], meskipun layanan ini memasuki ambang saturasi [mature] harus tetap kami jaga dan kami harus mampu me-monetize ini,” ujarnya seusai peluncuran simPATI Gratis Nelpon Berjam-jam, hari ini.

Aulia mengakui sinyalemen terjadinya penurunan kontribusi dari layanan telepon mulai muncul di industri telekomunikasi nasional kendati tidak besarannya belum begitu signifikan. Namun demikian, operator termasuk operator sebesar Telkomsel yang melayani 97 juta pelanggan perlu melakukan persiapan mulai saat ini agar terhindar dari kolaps di layanan telepon.

Sejumlah operator agresif meluncurkan promo gratis telepon dengan syarat kondisi tertentu dan bahkan ditawarkan untuk komunikasi lintas operator. Telkomsel mulai menggelar gratis telepon mulai kemarin untuk layanan prabayar kartu SimPATI dengan tema SimPATI Gratis Nelpon Berjam-jam. Diantaranya pelanggan kartu itu dapat menikmati gratis 6 jam telepon ke lebih dari 97 juta pelanggan Telkomsel. Promo itu berlaku di seluruh Indonesia mulai tanggal 10 Maret 2011.

Aulia mengatakan penggelaran program itu lebih karena didorong faktor untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan dibandingkan karena mengikuti pesaing. "Ini karena kami ingin merespons kebutuhan pelanggan, kami ingin industri juga tumbuh sehat dan sebagai yang lebih dulu agresif membangun jaringan kami juga bukan ingin memicu perang tarif tetapi memberikan nilai tambah ke pelanggan kami," tegasnya.

Dalam strategi promo itu, Telkomsel membagi tarif secara bervariasi ke dalam 4 kelompok waktu telepon dan lima wilayah pelanggan. Diantaranya tarif telepon murah itu hanya Rp30 per menit. Operator itu juga memberikan bonus Double Talkmania berupa ekstra telepon 100 menit.

Ririn Widaryani, Deputi Vice President Product Lifecycle Management-Business PT Telkomsel, mengatakan penggelaran program nasional tersebut mempertimbangkan banyak faktor antara lain kultur, pola komunikasi pelanggan, daya beli dan trafik yang berbeda-beda di setiap wilayah.

“Tujuan kami adalah untuk menjangkau semua lapisan masyarakat. Saat ini total pelanggan simPATI sudah hampir 50 juta per Februari 2011,” tegasnya.

Adapun pengguna kartu simPATI Freedom yaitu paket perdana baru Telkomsel sudah mencapai lebih dari 20 juta pengguna. Saat ini layanan prabayar simPATI diklaim Ririn masih memimpin pasar pelanggan Telkomsel di wilayah pulau Jawa.

Telkomsel, paparnya, juga telah menyiapkan jaringan berkualitas, didukung lebih dari 37.000 base transceiver station (BTS) yang menjangkau sekitar 97% wilayah populasi Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Silahkan Tinggalkan Pesan Anda....
Terima Kasih